Judul : CARA MEMBANGUN DEMOKRASI DAN KEADILAN SETELAH TERJADINYA KONFLIK
link : CARA MEMBANGUN DEMOKRASI DAN KEADILAN SETELAH TERJADINYA KONFLIK
CARA MEMBANGUN DEMOKRASI DAN KEADILAN SETELAH TERJADINYA KONFLIK
Melalui kolaborasi nasional dan internasional, Membangun demokrasi dan keadilan setelah terjadi konflik ialah merupakan usaha yang harus dilakukan dan tidak hanya sekedar model-model teoritis inovatif yang mendasarkan norma-norma internasional tentang tata kelola dan keadilan setelah konflik, tetapi juga harus praktis dalam mengimplementasikannya.
Tujuan khusus dari usaha membangun ini adalah untuk:
- mengidentifikasi dan menganalisis elemen-elemen kerangka hukum internasional saat ini yang mengatur tata kelola dan perlindungan hak asasi manusia di negara-negara pasca konflik
- menilai efek dari upaya untuk mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia dalam serangkaian studi kasus
- mengembangkan model teoritis baru untuk memahami dampak hukum internasional setelah konflik
- menguraikan rencana untuk memperkuat dasar hukum internasional pemerintahan yang demokratis dan berdasarkan hak asasi manusia.
Pertanyaan-pertanyaan yang biasa dibahas dalam usaha ini ialah meliputi:
- Dapatkah definisi internasional tentang tata pemerintahan demokratis dirancang?
- Haruskah ada konsepsi 'dua jalur' tentang tata kelola: yang minimalis untuk negara-negara yang tidak stabil dan yang substantif untuk masyarakat yang lebih aman?
- Bisakah demokrasi dipaksakan dengan cara yang tidak demokratis?
- Apakah keadilan transisi merupakan masalah internasional atau murni lokal?
- Apakah norma-norma hukum internasional cenderung bernilai dalam masyarakat yang menghadapi dampak konflik?
Proyek penelitian ini juga memperhatikan pertanyaan tentang jenis kelamin dan gender dalam definisi dan perlakuan terhadap negara-negara luar dalam hukum internasional dan kehidupan penduduk mereka.
Proyek ini telah didanai melalui Hilary Charlesworth's ARC Federation Fellowship (2005-2010) dan ARC Discovery Grant.
Tinjauan umum temuan rencana proyek ini
Proyek ini, khususnya melalui pembentukan Centre for International Governance and Justice, mendorong penelitian inovatif tentang peran hukum internasional dalam menyediakan pemerintahan yang demokratis dan akuntabilitas atas ketidakadilan di masa lalu dalam masyarakat yang terkena dampak konflik. Penelitian Ini menghasilkan serangkaian publikasi yang menilai efek dari upaya untuk mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia setelah terjadi konflik, yang temuannya yaitu meliputi:
1. Peran hukum internasional
Proyek ini, khususnya melalui pembentukan Centre for International Governance and Justice, mendorong penelitian inovatif tentang peran hukum internasional dalam menyediakan pemerintahan yang demokratis dan akuntabilitas atas ketidakadilan di masa lalu dalam masyarakat yang terkena dampak konflik. Penelitian Ini menghasilkan serangkaian publikasi yang menilai efek dari upaya untuk mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia setelah terjadi konflik, yang temuannya yaitu meliputi:
1. Peran hukum internasional
Kerangka kerja hukum yang bersaing dapat berinteraksi secara tidak terduga setelah konflik. Sementara hukum internasional telah membentuk perkembangan domestik di beberapa masyarakat pasca konflik. Hukum internasional dapat memberdayakan aktor lokal untuk menggunakan hak mereka. Namun, hal itu juga memiliki konsekuensi yang tidak terduga pada sistem peradilan lokal. Misalnya, hal tersebut dapat merusak hak asasi manusia dengan mempromosikan standar yang tidak mungkin dilindungi.
2. Mendefinisikan demokrasi
2. Mendefinisikan demokrasi
Lembaga-lembaga internasional sudah menawarkan berbagai definisi demokrasi, yang sebagian besar didasarkan pada tradisi Barat, hal tersebut menjadikannya tidak memuaskan bagi kelompok-kelompok yang muncul dari konflik yang terjadi. Pendekatan yang lebih disukai mungkin demokrasi yang didasarkan pada kontrol rakyat atas keputusan publik dan pembuat keputusan, dan kesetaraan suara di antara warga negara dalam menjalankan kontrol itu. Promosi demokrasi adalah usaha yang dilakukan dalam jangka panjang, dan seringkali membutuhkan integrasi selama beberapa dekade.
3. Keterlibatan dengan kepedulian lokal
Rencana membagun demokrasi dan keadilan jarang dianggap dari perspektif mereka yang paling terkena dampaknya. Keterlibatan penduduk lokal dalam proses pembangunan demokrasi membutuhkan dasar pengetahuan tentang konsep politik adat, struktur hukum tradisional dan struktur kekuasaan yang sudah ada sebelumnya. Ada hal hal yang dibuthkan untuk memahami cara-cara di mana lingkungan pasca konflik yang dialami oleh kelompok-kelompok yang terkena dampak.
4. Partisipasi perempuan dalam pembangunan perdamaian
4. Partisipasi perempuan dalam pembangunan perdamaian
Perang dan perdamaian memiliki banyak dampak dan kontradiktif terhadap kaum perempuan; perempuan dapat terlibat dalam perdamaian, tetapi juga dapat berperan dalam terjadinya konflik. Upaya hukum untuk membangun kembali masyarakat setelah terjadi konflik yaitu untuk mencapai hasil terbaik bagi perempuan ketika mereka didorong untuk berrpartisipasi langsung dalam pembangunan perdamaian dan menanggapi tuntutan perempuan untuk transformasi sosial. Intervensi eksternal harus bergerak ke arah pendekatan secara langsung yang mana akan memberdayakan perempuan untuk berpartisipasi dan mendorong proses transformasi masyarakat pasca-konflik yang terjadi
5. Aturan hukum
Perlu dilakukan usulan perpanjangan aturan hukum dalam pengaturan internasional pasca-konflik untuk memasukkan hak ekonomi, sosial dan budaya serta hak sipil dan politik. Aturan hukum paling baik dipahami bukan sebagai konsep monolitik, tetapi lebih sebagai sistem nilai; ini termasuk tujuan pertanggungjawaban, stabilitas, efisiensi, dan perlindungan hak asasi manusia, yang secara berkala mungkin saling bertentangan dalam konteks tertentu. Mengenali politik aturan hukum dapat mengurangi daya tarik teknologinya bagi para pembangun perdamaian internasional pasca-konflik, tetapi hal itu juga meningkatkan nilainya bagi populasi lokal. Akuntabilitas juga merupakan dimensi penting dari supremasi hukum: mereka yang berusaha mempromosikan supremasi hukum harus mematuhinya. Oleh karena itu, kerangka kerja hukum harus dikembangkan dan disempurnakan untuk memastikan bahwa pelaku intervensi eksternal di lingkungan pasca konflik sendiri menerima dan bertindak atas tanggung jawab mereka untuk menghindari pelanggaran hak asasi manusia.
6. Keadilan transisional
6. Keadilan transisional
Tidak membantu untuk membingkai imperatif 'keadilan' pasca-konflik, dalam istilah yang sederhana yaitu bersaing secara eksklusif satu sama lain. Ada semakin banyak situasi di mana serangkaian mekanisme keadilan transisional yang diduga kontradiktif telah digunakan pada saat yang sama. Karikatur hitam-putih dari imperatif keadilan transisional mengungguli perbedaan, dan meremehkan sinergi, antara pendekatan yang mungkin berusaha untuk mempromosikan berbagai kombinasi kebenaran atau keadilan ataupun perdamaian
Demikianlah Artikel CARA MEMBANGUN DEMOKRASI DAN KEADILAN SETELAH TERJADINYA KONFLIK
Sekianlah artikel CARA MEMBANGUN DEMOKRASI DAN KEADILAN SETELAH TERJADINYA KONFLIK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBANGUN DEMOKRASI DAN KEADILAN SETELAH TERJADINYA KONFLIK dengan alamat link https://contohwebsiteagc88.blogspot.com/2019/10/cara-membangun-demokrasi-dan-keadilan.html
0 Response to "CARA MEMBANGUN DEMOKRASI DAN KEADILAN SETELAH TERJADINYA KONFLIK"
Posting Komentar